Perbedaan HRD Dan Personalia Di Perusahaan

31 Oct 2022 10:14 72 Share

Sering ditemukan pembahasan istilah HR dan personalia yang disatukan dibeberapa kantor. HR dan personalia sebenarnya berbeda tetapi berkaitan erat. Cukup lumrah jika fresh graduate mengira keduanya adalah posisi yang sama. Namun, ada perbedaan HR dan personalia yang mencakup aspek fungsi dan tanggung jawab. Berikut penjabarannya.

Baca juga: 5 Tantangan dalam Menyeleksi CV Online

Tugas HR

HR adalah divisi yang fokus untuk mengatur SDM perusahaan. Sebagaimana aset terbesar perusahaan, SDM harus diatur sebaik mungkin agar perusahaan bisa berkembang. Berikut ini beberapa tugas utama HR.

  • Melakukan Rekrutmen

Sebagai pengelola SDM, HR menjadi pemegang kendali atas perekrutan karyawan baru. Pekerjaan mulai dari menyeleksi, interview, melakukan rangkaian tes, sampai mengkoordinasikannya dengan divisi terkait adalah tugas HR. Tugas ini tidak dikerjakan oleh bagian personalia.

  • People Development

Setelah merekrut, HR juga memiliki proker untuk melakukan training bagi karyawan baru maupun lama. Agenda ini berkaitan dengan tujuan peningkatan kualitas SDM. Salah satu main goal yang ingin dicapai adalah memiliki karyawan dengan berbagai skill

  • Review Kinerja

Karyawan akan dievaluasi dalam periode waktu tertentu. HR bertanggung jawab untuk mengagendakan review kinerja mulai dari indikator penilaian, pemantauan, dan segala aspek yang mempengaruhi.

Tugas Personalia

Personalia adalah serangkaian kegiatan mengelola SDM yang berkaitan dengan sisi administratif. Personalia memiliki tugas pokok untuk pengadaan kebutuhan karyawan, manajemen, pemeliharaan aset perusahaan, dan mengatur kompensasi karyawan. Berikut ini tugas personalia.

  • Mendata Karyawan Baru

Tugas ini sangat berkaitan dengan administrasi. Staf personalia akan melakukan arsip dokumen karyawan baru, termasuk arsip dari dokumen lamaran, dokumen pribadi karyawan, dan offering letter.

  • Mengelola Payroll dan Presensi

Selain dokumen arsip, personalia juga mengelola presensi karyawan. Untuk tugas payroll, personalia menjadi bagian yang mengontrol laporan dan pemberiannya. Kedua tugas berkaitan karena payroll dipengaruhi oleh presensi, intensif, dan kompensasi lainnya.

  • Menyusun Surat Perjanjian Kerja

Mengelola surat dan perjanjian kerja, pengangkatan, dan segala berkas terkait baik untuk karyawan baru, karyawan lama yang, dan pengunduran diri. Bukan hanya surat perjanjian saja yang harus diatur oleh personalia, namun juga surat yang berhubungan dengan karyawan baik untuk internal maupun eksternal.

Itulah perbedaan HR dan personalia di perusahaan. Jika Kamu sedang mencari kerja di posisi terkait, gunakan job portal Go Talenta. Go Talenta memiliki fitur untuk filter lowongan sesuai minat, bakat, dan pengalamanmu. Dan yang paling utama, lowongan yang ada up to date dari berbagai wilayah dan industri.