Tidak Selalu Jadi PR, Simak 5 Prospek Kerja Jurusan Komunikasi

04 Jan 2022 09:30 77 Share

Ilmu komunikasi merupakan ilmu yang menggabungkan semua teori menjadi satu disiplin ilmu yang dapat diterapkan pada berbagai bidang. Setiap industri biasanya membutuhkan keahlian orang yang memiliki background pendidikan ilmu komunikasi. Berbicara tentang prospek karir ilmu komunikasi, ada berbagai spesialisasi yang bisa menjadi prospek kerja jurusan komunikasi selain menempati posisi public relations.

1. Sutradara Film

sutradara film, prospek kerja jurusan komunikasi

Prospek kerja pertama untuk para lulusan ilmu komunikasi, tentu saja, menjadi sutradara film. Seperti yang kita semua tahu, dunia perfilman harus dipimpin oleh seseorang dengan kemampuan komunikasi, pengarah, dan pemahaman audiens yang baik. Apalagi jika Kamu memiliki konsentrasi broadcasting saat kuliah, kemungkinan Anda sudah memiliki beberapa teori dasar yang bisa Anda gunakan. Tugasnya adalah mengumpulkan tim produksi, menciptakan visi dan misi, memastikan setiap departemen melakukan tugasnya, membuat pemain (casting), memandu aktor dan memberikan catatan kepada editor.

Baca juga 5 Skill Utama Yang Dibutuhkan Marketing Communication

 

2. Penyiar Radio

penyiar radio, prospek kerja jurusan komunikasi

Prospek kerja jurusan komunikasi selanjutnya adalah menjadi penyiar radio. Menjadi  penyiar radio adalah pekerjaan yang membutuhkan komunikasi yang baik dan selalu peka dengan situasi terkini di Indonesia. Tugasnya menyiapkan skrip untuk siaran, membawakan siaran, memberikan informasi ter-update, menciptakan membangun mood pendengar, dll. Tidak semua orang bisa melakukan peran ini.

3. Business Analyst

bisnis analis, business analyst, prospek kerja jurusan komunikasi

Orang yang membuat penjualan produk efektif biasanya melakukan penelitian dan analisis terlebih dahulu. Tugas seorang analis bisnis adalah melakukan riset pasar, mengukur efektivitas produk, dan memantau metrik data berdasarkan kebutuhan bisnis. Dengan melakukan analisis ini, salah satu teori dalam kuliah ilmu komunikasi mu akan membantu meningkatkan keuntungan dan kepuasan konsumen.

4. Event Organizer (EO)

event organizer, prospek kerja jurusan komunikasi

Penyelenggara acara atau EO biasanya bekerja untuk perusahaan yang menyelenggarakan berbagai jenis acara. Lulusan komunikasi harusnya mampu untuk berhubungan dengan banyak orang. EO memiliki tugasnya seperti mengakomodasi klien dalam acara, mempresentasi ide kreatif, menyusun konsep, mengusun konsep acara, mengusun budgeting, mengusun roundown acara, mengatur acara dan evaluasi acara.

5. Pembuat Konten

pembuat konten, prospek kerja jurusan komunikasi

Di era Industri 4.0 saat ini, perkembangan media sosial seperti YouTube, podcast, Instagram dan platform lain yang membutuhkan pembuatan konten membuka potensi besar untuk menjadi content creator. Tugasnya melakukan riset,
monitoring media sosial, meningkatkan traffic, menulis, meninjau, mengedit, dan membuat konten untuk platform. Kamu bisa mengimplementasikan
kemampuan berbicara di depan umum, keterampilan dasar fotografi, berpikir kritis, dan problem solving dengan cepat dan tepat.

Itu lah beberapa prospek kerja jurusan komunikasi yang bisa menjadi tambahan pengetahuanmu. Bagi para lulusan dan mahasiswa ilmu komunikasi, Kamu tidak perlu khawatir akan keterbatasan karir. Terdapat banyak posisi yang bisa Kamu explore dengan ilmu-ilmu komunikasi yang Kamu dapat di bangku kuliah.