7 Cara Meningkatkan Selling Skill Untuk Mencapai Target Penjualan

18 Jul 2024 09:30 117 Share

Dalam dunia sales, kemampuan menjual atau selling skill sangat dibutuhkan demi mencapai kesuksesan karir. Bidang sales selalu berkembang sehingga Anda harus selalu meng-upgrade kemampuan.

Baca juga: Apa Fungsi Personal Branding Dalam Peningkatan Karir?

Untuk meningkatkan kemampuan jual dan mencapai target, simak 7 hal berikut untuk mengembangkan keterampilan menjual Anda.

1. Berusaha Menjadi Pendengar

Dalam menjual atau memperkenalkan sebuah produk, Anda tentu harus memberikan gambaran mengenai produk tersebut. Setelah menjelaskan produk dan segala kelebihannya, beri waktu pelanggan untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya. 

Interaksi yang diciptakan akan lebih nyaman sehingga pelanggan merasa diperhatikan. Jika Anda menjadi pendengar yang baik, Anda akan mempelajari satu atau dua hal mengenai pelanggan yang mungkin dapat membantu penjualan berikutnya.

2. Melatih Kemampuan Bicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum adalah salah keterampilan yang dibutuhkan setiap profesi penjualan. Oleh karena itu, Anda perlu mengasah keterampilan yang satu ini. Sebagai sales, Anda membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik untuk meyakinkan calon pelanggan.

Penting untuk meningkatkan komunikasi di muka umum sehingga Anda lebih percaya diri saat presentasi di hadapan pelanggan.

3. Menyerap Informasi dengan Baik

Dalam berinteraksi dengan pelanggan, Anda pasti melakukan komunikasi dua arah dengan mereka. Manfaatkan kegiatan ini untuk mendapatkan informasi yang bisa berpengaruh terhadap produk Anda.

Misalnya, dengarkan ketika pelanggan mengeluhkan sesuatu dari barang kompetitor atau apa yang mereka inginkan dari suatu barang. Anda bisa melakukan survei lapangan dan menjual barang secara sekaligus.

4. Dengarkan Masukan dari Orang Lain

Anda tidak dapat berhasil sebagai sales tanpa mendengarkan pendapat rekan kerja dan atasan Anda. Jangan takut akan kritik dan umpan balik dari orang-orang yang  bekerja dengan Anda.

Ini adalah cara untuk mengenali kekuatan dan kelemahan Anda dalam menjual produk. Mengetahui apa kelemahan Anda tentu akan memudahkan Anda untuk berbuat lebih baik lagi.

5. Up-to-date

Dunia penjualan berubah dengan cepat, jadi Anda harus selalu mengikuti perkembangan terbaru. Beberapa penelitian berkala harus dilakukan untuk menemukan tren penjualan terkini, alat untuk dipelajari, dan strategi yang optimal. 

Apabila seorang penjual tidak dapat beradaptasi dengan waktu, mereka akan kesulitan bertahan di industri penjualan.

6. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Salah satu kunci menjadi seorang sales yang andal ialah dengan selalu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Melansir Harvard Business Review, penting bagi seorang tenaga penjualan untuk tetap berhubungan baik dengan klien dan bertanya mengenai kepuasan mereka. Coba tanyakan apakah produk atau jasa yang ditawarkan memang berhasil memenuhi kebutuhannya atau tidak.

7. Ikuti Pelatihan Sales

Pelatihan bukan hanya tertuju untuk pemula, namun semua jenjang karir. Dengan pelatihan, Anda bisa menemukan selling skill baru dan menemukan mentor yang lebih berpengalaman. Seraplah ilmu sebaik-baiknya agar pemahaman Anda bertambah dan siap mengimplementasikannya saat turun ke lapangan.