5 Tips Memperkenalkan Diri Saat Interview

03 Aug 2022 08:57 74 Share

Interview atau wawancara kerja sering menjadi tahapan yang menegangkan dan membuat pencari kerja takut, khususnya bagi para fresh graduate. Tahap ini mengharuskan Kamu untuk mempromosikan diri sebaik-baiknya dan meyakinkan pewawancara akan kemampuanmu. Maka dari itu, percaya diri dan cara memperkenalkan diri sebagai first impression akan sangat mempengaruhi hasil lamaran. Berikut tips yang bisa Kamu terapkan saat memperkenalkan diri saat interview.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Selling Skill untuk Mencapai Target Penjualan

1. Salam Singkat

Ketika pertama kali bertemu recruiter, berikan salam singkat dengan sopan dan ramah. Kamu bisa mengucapkan selamat pagi/siang/sore untuk membuka suasana. Jika Kamu melakukan interview tatap muka, jabatlah tangan pewawancara. Dengan ini, Kamu bisa mendapat respon baik dan membuka sesi interview dengan ceria.

2. Atur Diri Senyaman Mungkin

Sangat penting untuk merasa nyaman ketika proses berlangsung. Perasaan gugup saat bertemu perekrut adalah hal yang wajar. Jadi, untuk memperkuat rasa percaya diri, setidaknya Kamu harus memiliki posisi yang nyaman. Dengan begitu, Kamu bisa fokus dengan pertanyaan serta jawaban yang akan Kamu lontarkan.

3. Awali dengan Nama dan Posisi yang Dilamar

Kamu biasanya akan diminta untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum melanjutkan wawancara. Yang harus Kamu lakukan adalah memperkenalkan nama lengkap dan nama panggilanmu, kemudian beritahu posisi apa yang sedang Kamu lamar. Baru melanjutkan ke topik perkenalan diri lain seperti domisili, kesibukan saat ini, dan pengalaman kerja.

4. Fokus pada Keahlian dan Pencapaian

Fokuskan cerita dalam perkenalan pada pengalaman, pencapaian, dan keterampilan. Menjelaskan hal ini dapat meyakinkan perekrut tentang dirimu. Jangan lupa untuk membicarakan hal yang relevan dengan posisi lamaranmu. Jika Kamu adalah lulusan baru, sebutkan pengalaman organisasi, pendidikan, atau pengalaman kerja lainnya (magang, part time, atau usaha).

5. Singkat, Padat, dan Jelas

Dari awal perkenalan, jangan sampai Kamu memberi penjelasan yang bertele-tele dan melebar. Jangan sampai Kamu menjelaskan sesuatu yang tidak penting dan akhirnya terlihat kurang meyakinkan. Untuk menghindari hal ini, Kamu dapat berlatih dan mengatur poin-poin utama dari perkenalan yang ingin dijelaskan.

Contoh Perkenalan Diri

Berikut ini salah satu contoh yang bisa Kamu jadikan acuan untuk memperkenalkan diri saat interview:

Selamat pagi Pak/Bu, nama saya Putri Putriani dan akrab dipanggil Putri. Saya di sini sebagai pelamar untuk posisi HR di PT Go Talenta. 
Saat ini Saya berdomisili di Jakarta Pusat dan tinggal bersama orang tua. Saya merupakan sarjana psikologi dari universitas X yang lulus pada tahun 2021. Saya memiliki pengalaman magang sebagai HR di perusahaan PT Berkah, dimana Saya bekerja disana sejak Agustus 2021 hingga Juli 2022. Pada pengalaman tersebut, saya berhasil mencapai target rekrutmen perusahaan, mengorganisir data karyawan, dan menguasai peraturan terkait SDM.
Sekian perkenalan singkat dari saya, terima kasih untuk perhatiannya.

Itu lah beberapa tips memperkenalkan diri saat interview. Jika Kamu sedang aktif mencari pekerjaan, lowongan kerja online adalah salah satu sumber terbanyak dan efektif. Kamu bisa menggunakan job portal Go Talenta yang memiliki lowongan ter-update dari seluruh Indonesia, industri, dan golongan kerja.