6 Hal Yang Kamu Dapatkan Dari Program Management Trainee

30 Aug 2024 10:29 117 Share

Management Trainee (MT) adalah proses pelatihan karyawan baru yang dilakukan oleh perusahaan dengan arahan mengenai profil perusahaan dan bimbingan serta wawasan perusahaan. Program MT dibuat perusahaan yang ingin merekrut pegawai dari hasil pelatihan dan pengembangan yang mereka tanamkan kepada para kandidat. Karyawan baru yang memenuhi syarat dan lolos MT akan dipromosikan ke jenjang yang strategis di perusahaan pada level manajemen.

Secara umum, para kandidat  mencoba berbagai jenis jobdesk yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan bakat selama pelatihan. Biasanya, kandidat menerima pelatihan dan pengetahuan tentang prosedur operasional, manajemen bisnis, manajemen risiko, dan perencanaan manajemen.

Tertarik menjadi UX Writer? Baca 

5 Hal Yang Harus Diperhatikan UX Writer Profesional

MT selalu ditujukan kepada para fresh graduate yang masih semangat belajar. Nah, ketahuilah beberapa manfaat lain yang dapat kamu dapatkan.

1. Jenjang Karir dalam Jangka Waktu Singkat

Management Trainee adalah program intensif yang bertujuan untuk mengembangkan calon manajer dari kalangan fresh graduate. Umumnya, dibutuhkan 5-10 tahun untuk mencapai tingkat eksekutif, tetapi seseorang yang merupakan trainee MT dapat menjadi manajer di bawah masa waktu 5 tahun.

2. Mendapatkan Training Gratis

Selama masa MT, Kamu diminta untuk banyak belajar dan berlatih. Akan sangat padat materi latihan atau training yang Kamu dapatkan. Namun jangan khawatir, karena seluruh pengetahuan dan keterampilan tersebut didapatkan secara gratis, Bahkan Kamu lah yang digaji oleh perusahaan.

3. Relasi Luas di Perusahaan 

Selain jenjang karir yang lebih cepat, kandidat MT biasanya terhubung dengan orang-orang penting di perusahaan. Karena mereka belajar langsung dari orang-orang terbaik di perusahaan. Hal ini tentunya memudahkan kandidat untuk bekerja dan meminta arahan dari rekan kerja berbagai departemen.

4. Meningkatkan Standar Diri

Program MT banyak diselenggarakan oleh perusahaan besar. Dari proses rekrutmen di berbagai daerah hingga ribuan pelamar, Kamu pasti secara tidak langsung meningkatkan produktivitas diri. Jika kamu berhasil lolos untuk mengikuti program, Kamu pasti memiliki kompetensi diri yang baik. Selebihnya, jika Kamu dapat lolos program MT dan direkrut perusahaan, berarti Kamu telah menyalip ribuan pesaing lainnya dan telah menyerap sangat banyak ilmu dari setiap pelatihan.

5. Ditempatkan di Berbagai Lokasi dan Bidang

MT memang biasanya tidak dapat memilih lokasi atau departemen untuk ditempatkan. Kecuali mereka yang mengikuti program MT tertentu sejak awal. Jika Kamu melihat dari sisi positifnya, Kamu bisa mengeksplor berbagai bidang sehingga Kamu semakin ahli dan terampil. Lokasi yang tak tentu juga bisa memicu diri agar keluar dari zona nyaman dan menemukan suasana baru.

6. Melatih Kepemimpinan

Tujuan dari pelatihan peserta MT adalah menjadi manajer di masa depan. Proses pelatihan memberikan banyak pengetahuan kepemimpinan, pemikiran kreatif, bekerja di bawah tekanan, kemampuan untuk membimbing dan mengajar orang lain, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim. Selain laporan-laporan penting, Kamu akan melakukan pelatihan kejuruan atau praktik kerja langsung dalam kegiatan perusahaan sehari-hari.

Bagi Kamu para fresh graduate, jangan ragu untuk mengikuti program Management Trainee. Akan sangat menguntungkan bagi karirmu kedepan. Namun tetap persiapkan diri secara matang agar Kamu bisa bertahan dengan baik.