5 Tips Memulai Karir Sebagai Konsultan

02 Jun 2022 09:01 76 Share

Konsultan adalah profesi dengan berbagai tugas yang sangat luas. Berdasarkan keahlian dan wawasan, Kamu bisa menjadi konsultan di bidang yang Kamu minati. Dengan menjadi konsultan, Kamu memiliki kesempatan untuk menganalisis, menemukan solusi, dan mengembangkan ide-ide saran yang berguna sesuai bidang konsultasi. Berikut tips untuk memulai karir sebagai konsultan.

Baca juga: 7 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Kekosongan Job Seeker

1. Tingkatkan Skill Komunikasi

Konsultan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Apalagi jika Kamu baru memulai profesi ini. Komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Selain itu, penyampaian saran maupun solusi bisa dimengerti dengan baik apabila skill komunikasi mu baik. Karena ini adalah proses kerja di mana pelanggan menceritakan masalah dari awal, Kamu dapat memahami dan memberi saran tanpa kesalahpahaman.

2. Kuasai Kemampuan Teknis

Untuk  menjadi konsultan yang baik, Kamu membutuhkan keterampilan teknis. Keterampilan teknis di sini mencakup kemampuan untuk spesialisasi dalam bidang yang Kamu bekerja, termasuk memiliki kemampuan yang tidak dimiliki kebanyakan orang. 

Dengan cara ini, Kamu memiliki kualitas portofolio yang memadai sebagai bukti keandalan. Hal ini jelas mempengaruhi kepercayaan klien terhadap kemampuanmu dan kualitas solusi yang Kamu tawarkan. Serta menunjang bukti dari efektivitas saran yang Kamu berikan.

3. Lakukan Survey Lapangan

Agar sanggup memenuhi kebutuhan dan selera pasar, Kamu perlu survey lapangan. Survey ini berfungsi mencari memahami konflik apa yang kerap dihadapi sang klien, tujuan mereka, kebutuhan dan rintangannya, serta solusi macam apa yang lebih disukai para klien. 

Dengan melakukan survey lapangan ini, Kamu lebih mudah dalam memilih taktik dan formula yang sempurna dalam setiap solusi. Ini menjadi daya tarik klien dan keunggulan dirimu untuk ditawarkan pada mereka.

4. Menjaga Informasi dengan Baik

Semua data dan informasi yang diterima adalah sepenuhnya hak klien. Data dan informasi klien bersifat rahasia dan bukan untuk kepentingan umum, tetapi untuk konsumsi konsultan demi proses analisis, pemberian solusi, dan rekomendasi yang paling tepat. Konsultan harus memiliki keahlian untuk menjaga semua informasi tersebut. Jika konsultan ingin mengungkapkan informasi kepada pihak lain, ia harus mendapatkan persetujuan dari klien.

5. Tentukan Harga Jasa

Walaupun Kamu baru memulai karir sebagai konsultan, bukan berarti Kamu tidak bisa menentukan harga dari jasamu. Kamu bisa menawarkan harga yang wajar sebagai pemula dan tetap sesuai harga pasar umum. Sebelum menentukan harga layanan, pertimbangkan audiens target, standar harga pasar, persaingan dalam industri konsultasi, dan kualitas solusi yang Kamu tawarkan.

Jika Kamu tertarik untuk berprofesi di bidang konsultan, Kamu bisa segera cari lowongan kerja di Go Talenta. Situs pencari kerja Go Talenta memiliki fitur filter lowongan yang Kamu minat, serta sesuai dengan pengalaman maupun keahlianmu. Menjadi konsultan pemula bisa Kamu mulai dengan mencobanya dari jenjang magang.