7 Kegiatan Produktif Untuk Mengisi Kekosongan Job Seeker

25 May 2022 09:18 96 Share

Saat menganggur dan aktif sebagai job seeker, tak sering rasa sedih, down, dan kesulitan terasa di keseharian. Selagi terus upgrade skill dan menyebar lamaran, Kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan produktif lainnya. Simak 7 kegiatan di bawah ini supaya Kamu bisa lebih semangat menjalani hari.

Baca juga: Mental dan Kepribadian yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

1. Olahraga

 

Mencari pekerjaan adalah saat-saat yang paling menegangkan. Agar pikiran tetap sehat, Kamu perlu mengikuti rutinitas untuk menjaga kesehatan tubuh, yang  juga memiliki efek positif pada pikiran.

Kamu dapat membuat jadwal olahraga rutin berdasarkan waktu bangun di pagi hari atau berolahraga di sore hari. Rutin berolahraga bisa menjaga pikiran tetap tenang dan positif. Karena olahraga membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang membuat perasaan membaik. 

2. Membuat Jadwal Harian

Menyusun jadwal kegiatan dalam sehari bisa membuat Kamu lebih fokus dan berpikir positif. Aktif mencari kerja bisa membuat jenuh. Menyusun kegiatan baru untuk dilakukan seharian akan meningkatkan semangat mu.

Kamu dapat membuat jadwal dari jam bangun pagi, memikirkan apa yang akan dilakukan setelah makan siang, sampai malam hari. Cobalah tentukan kegiatan apa yang mengisi waktu dengan bermanfaat atau sesuai hobi.

3. Mengikuti Kegiatan Volunteer

 

Banyak kegiatan sukarelawan atau volunteer yang bermanfaat. Kala menganggur, coba untuk ikut kegiatan membantu sesama atau melangsungkan acara yang bermanfaat. Jika Kamu bisa menemukan kegiatan volunteer yang relevan dengan kualifikasi pekerjaanmu, itu akan menjadi lebih baik.

Mengasah kemampuan dan menebar kebaikan selama kegiatan sukarela bisa menyejukkan pikiran. Selain itu, Kamu bisa sambil memperluas pertemanan.

4. Menentukan Jalur Karir

 

Tentu saja, salah satu aktivitas utama yang bisa dilakukan saat menganggur adalah melamar pekerjaan. Agar lebih efektif, cobalah mendaftar di situs lowongan kerja seperti Go Talenta. Situs seperti ini dapat memudahkan proses mencari kerja.

Karena adanya fitur lowongan yang disesuaikan dengan kemampuanmu, Kamu bisa memikirkan berbagai profesi lain yang direkomendasikan. Sambil melamar pekerjaan impian, Kamu dapat mempelajari posisi yang berkaitan dan menentukan jalur karir.

5. Kerja Freelance

Selagi menunggu tawaran kerja baru, cobalah untuk bekerja freelance. Kini, banyak sekali pekerjaan freelance yang dapat diikuti. Apalagi, sudah banyak juga situs yang menyediakan lowongan pekerjaan lepasan yang dapat dilakukan dari rumah. 

Selain meningkatkan pengalaman kerja, freelance juga dapat membantumu mengisi kekosongan pendapatan. Proyek hasil freelance juga bisa Kamu jadikan portofolio untuk melamar pekerjaan tetap.

6. Menemukan Hobi

Waktu luang adalah waktu yang pas untuk melakukan hobi. Melakukan aktivitas yang Kamu suka akan memuaskan sekaligus refreshing. Kamu juga bisa mengasah kemampuan diri.

Tidak menutup kemungkinan untuk Kamu menemukan hobi baru lainnya. Selagi menekuni hobi, coba bergabung dengan komunitas untuk memperluas koneksi.

7. Mengikuti Workshop/Webinar

Banyak kursus, workshop, atau seminar saat ini tersedia secara online. Sistem online menyediakan akses yang sangat mudah. Tema yang ditawarkan juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masing-masing individu. 

Dengan mengikuti webinar atau kursus online ini, Kamu tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan, tetapi juga memperluas jaringan komunitas di bidang yang Kamu minati.

Terdapat berbagai macam aktivitas produktif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang sambil mencari kerja. Kamu hanya perlu memilih aktivitas mana yang cocok dengan minat dan bermanfaat. Memanfaatkan waktu secara produktif dapat meningkatkan skill dan juga kesehatan fisik maupun mental.