6 Tips Membuat LinkedIn Menarik Untuk Mencari Kerja

17 Feb 2022 08:57 84 Share

LinkedIn adalah suatu jejaring profesional dan merupakan salah satu alat yang digunakan pencari kerja untuk menemukan kerja yang tepat. Selain mencari kerja, kamu juga dapat memanfaat LinkedIn untuk magang, terhubung dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keahlian yang butuhkan dalam pengembangan karier. Berikut ini beberapa tips untuk membuat LinkedIn menjadi lebih optimal dalam mencari kerja.

Baca juga: Cara Efektif Melamar Kerja Di Go Talenta

1. Headline Menarik

Headline adalah ringkasan tentang dirimu. Tip membuat LinkedIn menarik yang pertama adalah membuat headline yang efektif dan informatif. Headline ini hanya terdiri dari satu kalimat pokok tentang dirimu. 

Bagian ini adalah bagian pertama yang dilihat perekrut. Kamu dapat mengoptimalkannya dengan menulis kata kunci yang mencerminkan minat atau keahlianmu di bidang tertentu.

2. Foto Profil Profesional

LinkedIn adalah jejaring profesional. Seperti jejaring sosial lainnya, Kamu memerlukan gambar profil untuk menciptakan akun yang menarik. Menurut LinkedIn, menambahkan foto profil dapat mem-boosting view 14x lipat. Pastikan foto profil profesional dan jangan gunakan foto selfie.

3. Pamerkan Portofolio

Jangan takut untuk memamerkan karya hasil project-mu. Kamu dapat mengunggah berbagi proyek yang telah Kamu selesaikan, baik dari project pekerjaan atau project saat Kamu berkuliah.

Fitur ini sangat penting untuk memamerkan hasil kerja. Ini juga dapat memberikan bukti keterampilanmu di suatu posisi.

4. Isi Summary

Summary atau bagian ringkasan mampu menarik perhatian perekrut. Ringkasan menggambarkan kepribadian dan apa yang telah Kamu capai, serta informasi lain yang menekankan kualitas profesionalisme. 

Gunakan gaya meringkas yang storytelling. Summary juga berguna bagi perekrut dan profesional lain dalam pitching produk atau memberikan presentasi produk.

5. Isi Riwayat Pendidikan

Kamu bisa mengisi bagian riwayat pendidikan dari SMP, SMA, dan universitas. Lengkapi juga jurusan dan tahun lulus. Untuk mahasiswa, tuliskan saja nama universitas dan perkiraan tahun lulus. Selain bisa meningkatkan koneksi, kelengkapan ini juga menarik di mata rekruter.

6. Posting Konten

Konten atau postingan yang Kamu publish di LinkedIn akan memiliki dampak positif terhadap karirmu. Karena kegiatan tersebut dapat meningkatkan engagement terhadap profil LinkedIn sehingga menarik perhatian dari banyak orang. 

Kamu tidak harus membuat konten yang sesuai dengan keahlianmu saat ini. Kamu boleh posting apa saja yang bermanfaat. Manfaatkan fitur Posting di LinkedIn seperti menerbitkan artikel, dokumen, video dan juga foto

Buatlah profil menarik dengan tips membuat LinkedIn menarik di atas. Para job seekers juga bisa menjelajahi berbagai situs pencari kerja di internet. Salah satunya adalah Go Talenta yang menyediakan berbagai lowongan sesuai dengan passion dan minatmu. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia.