7 Jenis Sales Approach Untuk Meningkatkan Pemasaran

20 Apr 2022 09:16 91 Share

Sales approach atau pendekatan penjualan adalah metode yang digunakan oleh sales untuk mendekati pelanggan dan menawarkan produk atau jasa. Sales mungkin dapat menggunakan satu pendekatan atau lebih tergantung calon pembeli dan produk yang dipasarkan. Ada beberapa jenis dari pendekatan tersebut, diantaranya:

Baca juga: 5 Tips Cermat Mengatur Gaji Bulanan

1. Soft Sell

Soft selling adalah suatu bentuk promosi secara tidak langsung namun tetap mendorong konsumen untuk segera membeli produk. Jenis pendekatan ini bisa berupa menawarkan rekomendasi, memberikan solusi terlebih dahulu, atau memberikan informasi yang  dapat membuat konsumen tertarik. 

2. Hard Sell

Sedikit berkebalikan dengan jenis pertama, hard selling adalah pendekatan yang seolah-olah “mengejar” konsumen untuk membeli produk yang mereka tawarkan saat ini. Biasanya promosi produk dilakukan secara langsung dan menyebutkan berbagai keunggulan produk untuk menarik konsumen.

3. Solution Selling

Solution selling merupakan pendekatan dengan memberikan solusi atau jalan keluar kepada konsumen. Setelah memahami masalah maupun kebutuhan konsumen, Kamu bisa mengarahkan mereka ke produk yang Kamu jual.

4. Networking

Pendekatan penjualan ini adalah pendekatan penjualan yang bergantung pada relasi yang Kamu miliki. Beberapa grup yang mungkin menjadi bagian dari jaringan termasuk keluarga, teman, kolega, dan bahkan perwakilan penjualan pihak ketiga menjadi target konsumen mu.

5. Konsultasi

Pendekatan ini biasanya diterapkan di tingkat antar B2B dan sangat bergantung pada kemampuan penjual untuk membangun hubungan dengan konsumen. Sales harus memposisikan diri sebagai penasihat terpercaya bagi konsumen. Dengan penjualan konsultasi, Kamu bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan terlebih dahulu. 

6. Target Account

Sesuai dengan namanya, pendekatan ini berfokus pada prospek yang termasuk dalam target penjualan. Untuk mencapai tujuan ini, sales dapat membuat account untuk mengetahui siapa pelanggan potensial. Ini karena jenis penargetan akan tergantung pada kualitas calon pelanggan yang memiliki kesempatan untuk membeli.

7. Guru Approach

Pendekatan ini mengedepankan fakta tentang produk yang dijual kepada konsumen. Jenis ini cocok untuk para konsumen yang membeli barang tanpa ada kaitan rasa emosional dan kebal akan penjualan terang-terangan.

Itu lah beberapa jenis sales approach yang bisa Kamu ketahui. Jika Kamu tertarik untuk berkarir di bidang sales, mulailah mencari loker terkini untuk posisi terkait. Salah satunya dengan mengandalkan job portal Go Talenta. Job portal dengan lowongan paling update dan terpercaya.