Ingin Bekerja Sesuai Passion? Begini Caranya!

07 Jan 2022 09:12 76 Share

Memiliki passion dalam pengembangan karir merupakan hal yang sangat penting. Tentu saja, dari sekian banyak minat dan juga bakat yang dimiliki seseorang, hanya satu yang paling dominan. Kamu dapat mengenali passion-mu dari awal ketika memilih subjek kuliah, namun tak jarang yang berubah ketika Anda lulus. Simak beberapa langkah dibawah ini dalam menemukan cara bekerja sesuai passion sebagai berikut.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Mencari Kerja Berikut!

1. Temukan Hobi

Salah satu cara untuk menemukan passion yang pertama adalah dengan melihat apa hobi dan minat dirimu. Kebanyakan orang sebenarnya memiliki passion yang tidak jauh dari hobi dan minatnya. Lihat apa hobi yang Kamu sukai selama ini. Misalnya, jika Kamu sedang memasak atau mungkin tertarik dengan tulis menulis. Namun, jika Anda suka menghitung dan mengolah angka, Kamu bisa lebih mengarahkan karir ke arah teknis atau administratif.

2. Temukan Kemampuan yang Kamu Suka

Kamu juga bisa menemukan passion dengan mencoba menjawab pertanyaan berikut. Apa yang paling Kamu suka? Apa keahlian terbaikmu? Bisakah Kamu menghasilkan pendapatan dengan itu? Kamu bisa mengenal diri sendiri dan mengenal kemampuan apa yang Kamu suka. Jawaban-jawabanmu bisa menuntun ke jalan karir bekerja sesuai passion.

3. Tanya Orang Terdekat

Jika Kamu sulit mengenali passion diri sendiri, tanyakan pada orang terdekat. Coba tanya kepada orang tua, teman, atau pasangan. Tanyakan kelebihan apa yang Kamu tonjolkan selama ini. Kemudian tanyakan pada dirimu apa yang bisa Kamu dapatkan dari kelebihan tersebut dan apakah Anda benar-benar menikmatinya.

4. Terus Belajar

Kamu harus berusaha untuk memperluas wawasan dan pengetahuan, terutama di bidang keahlian dan pekerjaan. Kamu bisa mengetahui ilmu baru yang mungkin selama ini Kamu gemari. Oleh karena itu, dengan mendapatkan lebih banyak informasi. Wawasan dan ilmu merupakan hal penting untuk membentuk dasar pengetahuan dan menerapkan langkah-langkah dengan benar saat Kamu bekerja.

5. Keluar dari Zona Nyaman

Ketika Kamu berani mencoba hal baru, saat itulah Kamu mencoba membuktikan kepada diri sendiri bahwa Kamu kompeten dan benar-benar cocok untuk pekerjaan itu. Kamu dapat mencari informasi tentang suatu posisi dengan berani mencobanya. Cobalah suatu bidan untuk jangka waktu tertentu, misalnya 1-3 tahun. Namun push your limit dan jangan menjadi malas-malasan, karena tidak ada yang tahu di titik mana Kamu menemukan passion-mu.

Itu lah beberapa cara untuk menemukan passion, minat, dan juga bakat untuk bisa bekerja sesuai passion Anda. Mendapatkan pekerjaan impian memang sangat menyenangkan. Namun ingatlah untuk mengeksplor diri dan juga selalu memanfaatkan kesempatan meskipun terkadang Kamu harus memulai dari awal karir di luar posisi yang Kamu minati.