Ingin CV Lebih Menarik? Coba Sertakan 5 Hal Ini!

28 Jul 2022 10:40 80 Share

Terkadang, HRD hanya butuh 10 detik untuk mengevaluasi CV kandidat dan memutuskan apakah kandidat tersebut cocok untuk perusahaan. Penting untuk menulis informasi yang lengkap, singkat, dan menarik. Untuk melakukan ini, penting untuk mencantumkan informasi yang akurat dan relevan dengan jenis pekerjaan yang Kamu lamar. Berikut beberapa hal yang membuat CV lebih menarik.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Penggunaan Situs Lowongan Kerja bagi Pencari Kerja

1. Hanya Cantumkan Pengalaman Relevan

Apakah Kamu masih melamar beberapa posisi dengan CV yang sama? Hal ini adalah kesalahan paling umum. Harap baca deskripsi pekerjaan dengan seksama sebelum melamar. Hindari menggunakan CV yang sama untuk jenis pekerjaan yang berbeda, karena kata kunci perlu disesuaikan dengan jenis pekerjaan. 

Saat melamar pekerjaan, HR umumnya  lebih tertarik pada kandidat dengan pengalaman kerja terkait dengan posisi yang ditawarkan. Dengan asumsi Kamu telah bekerja di bidang ini, Kamu akan meningkatkan kepercayaan HR. Karena itu, tuliskan kata kunci yang relevan dan hanya tunjukkan pengalaman yang paling relevan.

2. Kata Kunci yang Kreatif

Berhati-hatilah untuk memilih kata-kata yang kreatif dan menarik. Karena kata-kata yang Anda pilih di CV mu bisa mempengaruhi keputusan HR. Seperti yang Kamu ketahui, kata "rajin" sering digunakan dan terlalu umum. Akan sangat banyak orang yang menggunakan kosa kata umum tersebut.

Akan berbeda jika Kamu mencari sinonim sebuah kata kunci atau mencari kata yang lebih teknis namun berkesan. HR secara otomatis menganggap Kamu sebagai orang yang kreatif dan memiliki daya tarik yang berkaitan dengan skill-mu. Jadi, pastikan untuk memilih kata yang tepat dan kreatif.

3. Sertakan Kontak yang Bisa Dihubungi

Jika Kamu telah memberikan informasi yang lengkap, relevan, dan terkini, pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh HR. Hal ini sebenarnya penting meskipun jarang disadari oleh jobseeker. Jika HR tertarik dengan lamaranmu, mereka bisa mencari informasi dirimu dari kontak yang Kamu berikan. 

Silakan masukkan nomor ponsel dan alamat email terbaru dari orang yang bisa Kamu percaya. Orang tersebut bisa keluarga, mantan kolega, atau teman organisasi semasa kuliah. Juga, pastikan untuk menggunakan alamat email profesional.

4. Gunakan Font Profesional

Bagian ini mungkin terdengar sepele, tetapi untuk membuat CV yang menarik, pastikan font terlihat profesional daripada font acak kreasi yang sulit dibaca. Pada dasarnya, font yang direkomendasikan untuk membuat CV adalah Times New Roman, Arial, atau Calibri. Selain itu, menurut perpustakaan CV, ukuran font yang ideal adalah 10-12. Pemilihan font sangat penting untuk mencegah ketidaknyamanan pembaca yang dalam hal ini adalah HR.

5. Skill Paling Up To Date

Terlepas dari pengalaman profesional, keterampilan mu jadi pertimbangan HR. Tuliskan informasi terbaru tentang dirimu, seperti skill yang Kamu pelajari, pekerjaan yang sedang Anda kerjakan, pencapaian terbaru, dll. Kamu harus selalu menambah keterampilan baru baik mandiri maupun mengikuti pelatihan. Hal ini juga dapat memberikan kesan yang baik kepada HR bahwa Anda adalah kandidat yang menghabiskan waktu Anda secara produktif.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat CV lebih menarik. Kini, mencari pekerjaan dengan job portal adalah salah satu cara paling efektif. Go Talenta merupakan platform mencari kerja yang sangat praktis dan memuat informasi-informasi penting agar lamaranmu menarik. Selain mencantumkan CV, Kamu juga bisa mengandalkan fitur i-profile sehingga perekrut tertarik untuk menerima lamaranmu.