Passionate Di Bidang Perfilman? Ketahui Tentang Profesi Assistant Director!

10 Aug 2022 09:32 81 Share

Dalam dunia perfilman, diperlukan kerja sama tim yang tinggi untuk menciptakan film yang bagus. Proses produksi membutuhkan banyak orang dan tim sebelum menjadi sebuah film. Akan ada banyak pihak yang terlibat, salah satunya adalah assistant director atau asisten sutradara. Jika Kamu tertarik untuk bekerja di bidang ini, simak artikel berikut!

Baca juga: Ingin CV Lebih Menarik? Coba Sertakan 5 Hal Ini!

Apa Tanggung Jawabnya?

Asisten sutradara (astrada) adalah profesi yang mengawasi kepala departemen lainnya serta memastikan bahwa semua pemain dan kru menjalankan proses shooting film sesuai rencana. Tugas asisten sutradara dimulai dari scheduling jadwal harian, merencanakan rencana produksi jangka panjang, dan berhubungan dengan sutradara, para pemeran, dan kru lainnya. Untuk tugas yang sangat penting ini, asisten sutradara perlu memahami semua departemen pada setiap bagian pembuat film.

Peran Penting Assistant Director

  • Breakdown Isi Skenario

Tugas pertama profesi ini adalah membaca, menganalisa, dan memahami naskah skenario. Kamu tidak bisa hanya membacanya sekali, namun harus berkali-kali. Hal Ini bisa berpengaruh terhadap perasaan dan penghayatan plot. Sehingga nantinya emosi tersebut bisa Kamu arahkan dengan tepat ke para pemain. 

Astrada bisa membuat master breakdown dari analisis, debat, dan arahan sutradara. Hal tersebut merupakan ringkasan skenario. Berbagai informasi dicatat di sana, mulai dari isi skenario hingga hasil diskusi bersama sutradara.

  • Mencari Lokasi Shooting

Hunting lokasi dan menemukan lokasi yang memenuhi kebutuhan adegan film merupakan peran penting dari astrada. Untuk set, tim produksi harus dapat menemukan lokasi dengan beberapa opsi. Setelah hunting lokasi, recce lokasi adalah tahap selanjutnya yaitu memastikan set tersebut telah memenuhi berbagai kriteria.

Mencari lokasi sebenarnya bukan pekerjaan utama asisten direktur. Namun, jika direktur sibuk dengan kegiatan pra-produksi lainnya, astrada mungkin harus menggantikan direktur dalam tugas ini.

  • Menentukan Jadwal Shooting

Setelah sutradara menyetujui storyboard, astrada membuat jadwal shooting secara keseluruhan. Astrada juga membuat jadwal dengan penyesuaian bersama manajer produksi, produser, dan kepala departemen yang membawahi para kru. Pembuatan jadwal harus disesuaikan dengan detail rincian dalam seluruh aspek produksi. 

Aspek tersebut meliputi ketersediaan lokasi, ketersediaan atribut dan mengikuti jadwal pemain. Setelah itu, astrada juga melakukan konfirmasi jadwal kepada para pemeran.

  • Melakukan Calling the Roll

Calling the Roll” adalah tanggung jawab dalam memberi arahan selama shooting. Astrada memiliki peran dalam mengarahkan seluruh pihak terlibat. Beberapa pihak tersebut seperti cameraman, sound mixer, lightning, pemeran, dan seluruh pihak yang terlibat. 

  • Pengaturan Seluruh Pemain

Saat sutradara melakukan rehearsal dengan para pemain, Astrada membantu mengatur dan mengingatkan pemain tentang dialog dan blocking. Ini artinya mengatur dan mengingatkan kembali dialog yang telah dilakukan saat proses reading. Selain pemain inti, astrada berkewajiban untuk mengatur para figuran dari mulai posisi sampai kepribadian maupun perilaku mereka di dalam layar.

Itulah serba-serbi profesi assistant director. Jika Kamu memiliki minat, passion, maupun pengalaman di bidang terkait, Kamu bisa mencari pekerjaan di posisi ini melalui job portal Go Talenta. Job portal dengan lowongan ter-update dari berbagai lokasi, jenjang pendidikan, dan tingkat kepegawaian.