5 Tips Menjalani Karir Di Luar Jurusan Kuliah

31 Aug 2022 08:53 93 Share

Tidak semua lulusan kuliah memiliki peluang kerja yang sesuai dengan jurusannya. Sering terjadi, seseorang tidak bekerja sesuai dengan bidang studinya. Banyak pula yang secara sadar memang mencari pekerjaan di luar jurusan kuliahnya. Biasanya pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan impian atau pekerjaan yang paling sesuai dengan keahliannya. Jika Kamu salah satu orang yang ingin bekerja di luar jurusan kuliah, simak tips berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Beban Kerja yang Berat

1. Magang dan Pelatihan

Memulai untuk bekerja di luar bidang pekerjaanmu mungkin sedikit sulit. Terutama melihat persaingan dari orang lain yang memang akan bekerja sejalan dengan jurusannya. Untuk tetap unggul, Kamu harus sedikit bekerja ekstra. Pelatihan bisa menjadi awal untuk meraih ilmu terkait bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusanmu. 

Selain itu, banyak perusahaan menawarkan magang untuk lulusan baru dan mahasiswa. Kamu dapat memilih magang di posisi yang Kamu inginkan. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk memperoleh pengalaman. 

2. Meningkatkan Soft Skill

Saat ini perusahaan mengharapkan karyawan mereka mahir tidak hanya di satu bidang saja. Soft skill seperti komunikasi, pemikiran kritis, public speaking, dan pemecahan masalah sering dijadikan kualifikasi utama. Maka dari itu, Kamu harus bisa melatih soft skill agar bisa unggul di bagian tersebut. 

Menyeimbangkan Hard Skill dan Soft Skill sama pentingnya. Namun, karena Kamu sudah tertinggal pada hard skill atau pengetahuan dasar posisi tersebut, Kamu harus sangat unggul di aspek lainnya.

3. Memperluas Relasi

Memiliki banyak koneksi juga dapat membantumu menemukan pekerjaan. Kamu tidak hanya dapat memperoleh informasi pekerjaan tetapi juga pengetahuan. Bangun hubungan dengan orang dari berbagai profesi. Kamu bisa memulainya dengan tetap berhubungan dengan teman dari sekolah maupun kampus. Jika Kamu memiliki masalah atau kesulitan di bidang yang sebelumnya tidak Kamu kuasai, Kamu bisa bertanya tentang hal tersebut.  

4. Memiliki Rasa Ingin Tahu

Jangan tau untuk merasa penasaran untuk ilmu baru. meningkatkan Singkirkan perasaan bahwa Kamu mengetahui segalanya. Jika ingin memilih pekerjaan yang berbeda dari background pendidikanmu, anggaplah Kamu baru mulai dari awal. Jangan ragu untuk meningkatkan rasa penasaranmu dan gali informasi yang bermanfaat.

5. Rapikan CV

Jangan membuat CV yang tidak spesifik. Cara tersebut tidak akan efektif karena peluang Kamu terpilih juga semakin kecil. Pilih kata-kata di CV mu sesuai posisi yang akan dilamar. Tambahkan skill dan informasi pendukung. Cara ini memudahkan mu untuk mendapatkan pekerjaan dari luar konsentrasi jurusan kuliah. 

Jika Kamu sedang aktif mencari kerja di berbagai posisi, gunakanlah job portal. Metode mencari kerja secara online sangat efektif di masa kini. Go Talenta adalah platform mencari kerja dengan berbagai fitur unggulan seperti filter lowongan, personalisasi sesuai pengalaman, dan i-profile yaitu fitur profile digital yang mempermudah proses rekrutmen.