Pentingnya Melakukan Riset Perusahaan Saat Mencari Kerja

22 Jun 2022 09:38 72 Share

Banyak pencari kerja mengirimkan lamaran ke sebanyak mungkin dari berbagai perusahaan. Akan tetapi, mereka melewatkan proses penting saat mencari pekerjaan yaitu riset perusahaan. Proses ini terlihat sepele, padahal jika dilakukan dengan benar, riset ini dapat meningkatkan kesempatan diterima. Terlebih lagi, jika berhasil diterima, riset akan sangat penting. Berikut alasan mengapa hal tersebut penting.

Baca juga: 5 Pilihan Jenis Karir yang Sesuai dengan Kepribadianmu

1. Menyesuaikan CV

CV yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan lebih berpeluang untuk lulus proses seleksi. Saat mencari kandidat, perusahaan bukan memilih yang terbaik tapi yang paling cocok. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan survei perusahaan ketika mencari pekerjaan. Dengan ini, Kamu dapat mengetahui karakteristik karyawan yang dicari oleh perekrut dan menyesuaikannya dengan budaya perusahaan. 

2. Memudahkan Saat Wawancara

Setelah riset perusahaan, Kamu mendapatkan informasi lebih lengkap tentang perusahaan tujuanmu. Saat masuk tahap wawancara dan mendapatkan pertanyaan seperti “apa yang Kamu ketahui tentang perusahaan ini?” atau “produk apa yang paling Kamu sukai dari perusahaan ini?”, Kamu tidak akan kesulitan. Kamu pun bisa memberikan jawaban-jawaban yang searah dengan industri perusahaan agar pewawancara lebih terkesan.

3. Menghindari Penipuan

Kini banyak oknum penipu pencari kerja. Mereka biasanya memberikan pekerjaan kepada pelamar dengan syarat mereka membayar jumlah tertentu. Kamu bisa menghindari penipuan ini dengan melakukan riset sebelum melamar sebuah perusahaan. 

Pastikan alamat yang dituju valid baik alamat untuk pengiriman lamaran fisik maupun alamat email. Kamu juga bisa mencari review secara online dan mengetahui keberadaan tetap dari perusahaan tersebut. Perusahaan yang berdiri legal pasti memiliki identitas yang terpercaya.

4. Menyiapkan Pertanyaan

Saat proses wawancara, pertanyaan dari kandidat adalah salah satu poin penting. Dengan melakukan riset sebelumnya tentang perusahaan ataupun posisi yang Kamu lamar, Kamu bisa menyiapkan pertanyaan yang akan diajukan. Baik pertanyaan tentang posisi itu sendiri, job desk, maupun budaya kerja di perusahaan tersebut. Kamu bisa menanyakan hal yang tidak terlalu mainstream dan pewawancara akan melihat antusiasme dirimu dalam melamar pekerjaan di sana.

5. Menyocokkan Pekerjaan dan Minat

Jika Kamu ingin melamar pekerjaan, Kamu pasti akan memperhatikan perusahaan yang membuka lowongan. Sebuah survei perusahaan pasti akan memudahkan menemukan perusahaan yang tepat dengan minatmu. Baik dari industri sampai budaya kerja di suatu perusahaan tersebut bisa Kamu cocokkan. Ketika Kamu memiliki impian pekerjaan tertentu maupun keinginan untuk bekerja di jenis industri tertentu, ini akan sangat bermanfaat.

Itu lah beberapa penjelasan akan pentingnya riset perusahaan. Jika Kamu sedang mencari pekerjaan, Kamu bisa memilih job portal Go Talenta yang memiliki fitur pencocokkan minat, bakat, dan pengalamanmu dengan pekerjaan yang sesuai. Proses mencari kerja jadi lebih efisien dan cepat.