Simak Contoh Membuat Surat Resign Yang Benar

17 Apr 2023 09:13 129 Share

Seiring dengan masa hari raya Idul Fitri, biasanya momen resign karyawan menjadi lebih banyak ditemukan. Ada banyak alasan yang membuat kamu ingin meninggalkan pekerjaanmu. Alasan tersebut mungkin karena ingin mendapatkan perkembangan karir, mendapat gaji yang lebih baik, atau merasa tidak cocok dengan lingkungan dan budaya tempat kerja. Apapun alasannya, pastikan untuk memberitahu pihak perusahaan dalam surat pengunduran diri atau surat resign. Berikut ini pembahasan mengenai surat pengunduran diri yang baik dan profesional.

Baca juga: 4 Cara Buat CV Menarik yang Mudah dan Up To Date

Persiapan Sebelum Resign

Beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengajukan surat pengunduran diri adalah:

  • Berdiskusi dengan Atasan

Karena atasan adalah orang yang bekerja dengan mu, mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang situasi dan kinerja kerja mu sebelumnya. Anda dapat memulai percakapan santai dengannya dan memberitahu alasanmu ingin resign. Jika alasan Anda berkaitan dengan budaya atau lingkungan kerja, atasan tersebut mungkin dapat menawarkan solusi.

Biarkan atasanmu tau dan mempersiapkan diri maupun mempersiapkan tim.

  • Cek Kontrak Kerja

Sebelum memberi pengunduran diri, periksa kontrak kerja yang telah ditandatangani saat awal hari kerja. Apakah kamu memiliki waktu kontrak tertentu? Coba cek kembali apakah ada penalty tertentu atau masa kontrakmu sudah selesai. Sebagian aturan, konsekuensi ini adalah penyesuaian gaji dalam jangka waktu tertentu atau jumlah gaji dalam sisa masa kontrak.

  • Persiapkan Penawaran Baru

Saat kamu mengatakan keinginan untuk berhenti, atasanmu mungkin bertanya mengapa dan menahan. Bersiaplah untuk menerima tawaran baru dari perusahaan tempatmu bekerja. Ini menjadi salah satu upaya negosiasi dari perusahaan. Di sini kamu dapat menawarkan kenaikan gaji, bonus, tunjangan, atau bahkan promosi. 

  • Siapkan Surat Resign

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, surat mengundurkan diri dari pekerjaan adalah salah satu tanda profesionalitas karyawan. Jika kamu masuk dengan keadaan yang baik, maka keluarnya dirimu juga harus dengan cara yang baik. Selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh surat tersebut untuk menjadi referensimu.

Contoh Surat Resign

Beberapa contoh di bawah ini bisa kamu jadikan referensi. Amati isi pokoknya pada setiap paragraf dan sesuaikan dengan keadaanmu.

Contoh 1

Jakarta, 1 Juni 2023

Yth. HRD PT Bersama

Di tempat

Dengan hormat, 

Saya (Nama Staf), staf QC Di PT Bersama ingin menyampaikan pengunduran diri dari posisi tersebut. Alasannya adalah karena akan pindah keluar kota atau lebih tepatnya di Bandung. 

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih selama ini telah diizinkan untuk bekerja sebagai QC. Mohon maaf apabila ada kesalahan yang pernah dilakukan.

Demikian, surat pengunduran diri ini disampaikan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya, 

(Nama Staf)

Contoh 2

Kepada Yth.

Human Resource Development

PT ABCD

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Manajer Marketing di PT ABCD 02,

Nama : (Nama Karyawan)

Departemen : Marketing

Jabatan : Manajer Marketing

ID Karyawan : ABCD02087

Bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan tersebut terhitung sejak tanggal 1 Juni 2023.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi karyawan yang lebih profesional. Saya juga ucapkan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi PT ABCD 02 beserta rekan-rekan di departemen marketing jika selama ini saya melakukan kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan Asisten Manajer Logistik, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga selanjutnya PT ABCD 02 dapat terus berkembang dengan lebih baik lagi.

Hormat saya,

(Nama karyawan)

Contoh dalam Bahasa Inggris

To:

Mr. Lee 

Head of Human Resource Department

ABCD Corp.

Dear Sir,

I hereby announce my resignation from the position of Brand Manager at ABCD Corp,, start from June 1st, 2023.

It has been a pleasure working with the company and the entire ABCD Corp. employee for the past ten years. I worked professionally and also made life-long friends and family. I would like to thank you for providing me with a wonderful experience and a warm working environment.

You have my full commitment and cooperation for a smooth transition of responsibilities. If I can be of assistance, please do not hesitate to tell me.



Sincerely,

(Employee’s Name)



Itulah beberapa contoh surat resign dan tips mengundurkan diri yang profesional. Perlu diingat, akan lebih baik jika kamu resign setelah mendapatkan tempat kerja yang baru atau sudah ada kepastian aktivitas setelah resign. Segera cari loker terbaru di Go Talenta. Tersedia banyak loker dari berbagai posisi yang bisa kamu sesuaikan dengan pengalaman maupun keahlianmu.