5 Tips Menyikapi Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman

20 Jan 2022 08:59 79 Share

Perusahaan besar dan gaji yang tinggi ternyata tidak bisa benar-benar menjamin kesejahteraan karyawan perusahaan tersebut. Tidak dapat dihindari bahwa lingkungan kerja yang nyaman merupakan hal penting bagi sebagian karyawan. Ini karena lingkungan kerja dapat mempengaruhi suasana hati, antusiasme dan kinerja. Suasana lingkungan kerja yang tidak nyaman bisa membuat karyawan merasa tidak nyaman, stres, dan kurang produktif. Inilah sebabnya mengapa menciptakan lingkungan yang nyaman maupun menyikapi lingkungan tersebut sangat penting.

Baca juga: Tanda Lingkungan Kerja Menghambat Perkembangan Kerja

 

1. Menyeimbangkan Waktu Istirahat

Berada di lingkungan yang kurang nyaman membuat energi sangat terkuras. Aturlah waktu ketika kerja, jangan lupa sediakan waktu khusus untuk istirahat. Istirahat ini dapat dilakukan dengan mengambil waktu sejenak dari pekerjaan bisa dengan sekedar berjalan-jalan sebentar saat istirahat makan siang. Coba sambil mendengarkan musik yang anda sukai dan juga bisa atur napas yang tenang. Beri sedikit ruang untuk membantu menenangkan dan mengurangi stres saat menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman.

2. Optimis

Optimis adalah ketika seseorang yang selalu berpandangan baik untuk melewati segala hal. Mengurangi atau menghilangkan hal-hal negatif membutuhkan usaha yang sama kuatnya untuk melawannya. Tetap berpikir positif dan optimis saat menghadapi persoalan kerja. Misalnya, jika rekan kantor sibuk mengeluh bahwa perusahaan Kamu tidak berjalan dengan baik, jangan didengarkan. Metode ini membantu menyingkirkan pikiran negatif di tempat kerja dan kamu akan berpikir  jernih.

3. Meningkatkan Komunikasi

Komunikasi antar karyawan akan membuat hubungan antar karyawan akan menjadi erat. Kedengarannya sepele, tapi komunikasi itu penting. Jangan ragu untuk berbicara dengan rekan kerja dan berterima kasih atas upaya mereka dalam tim. Hal ini memungkinkan sesama pegawai untuk saling menghargai dan merasa nyaman. Juga, pastikan selalu mengkomunikasikan segala halangan dalam pekerjaan untuk menghindari konflik.

4. Coba Lebih Santai

Kamu bisa membuat suasana tidak nyaman dengan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membuat suasana kerja terlalu serius. Cobalah untuk lebih bercanda dengan teman dekat di tempat kerja sesuai momen yang tepat. Ini akan meningkatkan optimisme dan menghindari tensi yang tegang.

5. Hindari Gosip

Beberapa karyawan memang suka bergosip dan ini memperburuk suasana lingkungan kerja. Jika Kamu terlalu sering melakukannya, coba batasi kebiasaan ini. Jangan membiasakan diri dengan kebiasaan bergosip terus-menerus. Kebiasaan ini bisa membuatmu semakin terjebak dalam lingkungan kerja yang negatif.

Bagaimanapun, Kamu perlu memahami bahwa pekerjaan adalah apa yang Kamu lakukan setiap hari. Jangan membebani pekerjaan Anda atau mengganggu stabilitas kinerja. Namun, jika Kamu masih memiliki kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang tidak menyenangkan di lingkungan kerja yang tidak nyaman, Kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips di atas.