5 Tren Sosial Media 2023, Digital Marketing Jangan Sampai Ketinggalan!

19 Dec 2022 09:05 75 Share

Keberadaan media sosial sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Ini mempengaruhi tren sosial media yang berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan bisnis. Namun, tren sosial media 2023 sepertinya tidak akan terjadi perubahan yang begitu besar dalam tren digital marketing di sosial media. Berikut ini tren yang mungkin muncul.

Baca juga: Butuh Healing dari Burnout Kerjaan? Simak Cara Efektifnya!

1. Dominasi Masih Dipegang TikTok

Portal Resmi TikTok Shop - Solusi Jualan Online Terlengkap, Didukung Dengan  Ekosistem Konten TikTok yang Unik.

Menurut data dari Hootsuite, TikTok akan masih mendominasi sosial media di tahun 2023. Karakteristik inovasi TikTok terus berkembang dari waktu ke waktu, bahkan seringkali mencerminkan inovasi para pesaing. Misalnya, TikTok awalnya hanya membatasi video pendek hingga 15 detik. Namun, kini video TikTok bisa diunduh hingga 10 menit. 

Bahkan kini TikTok semakin besar karena fitur belanjanya atau disebut juga dengan "keranjang kuning". Selain itu, popularitas TikTok Shop semakin menyaingi e-commerce. Sebagai digital marketing, coba untuk pelajari lebih baik strategi dalam eksplorasi TikTok.

2. Pengaruh Nano Influencer

Mengenal Nano Influencer Serta Kelebihan dan Kekurangannya - Influencer101

Dalam hal pemasaran menggunakan influencer, pemasar perlu memahami istilah makro, mikro, dan nano. Istilah ini mengacu pada ukuran audiens atau popularitas influencer. Makro untuk kategori audiens besar, mikro kategori menengah ke kecil, dan nano kategori kecil. Mengapa pemilihan nano influencer di sosial media 2023 semakin tinggi?

Influencer terkenal dengan kategori makro terkadang tidak menjamin kesuksesan sebuah campaign. Sementara itu, nano influencer cenderung memiliki komunitas yang lebih terhubung satu sama lain. Dengan begitu, ulasan mereka akan terasa lebih alami dan detail.

3. Ukuran Konten Full Screen

Does Instagram notify people when you screenshot a story?

Media sosial TikTok banyak menggerakkan tren di sosial media. TikTok juga mempengaruhi platform lain dalam tampilan. Misalnya, Facebook dan YouTube menawarkan video vertikal, seperti halnya TikTok. 

Pada tren 2023 akan ada lebih banyak konten dalam ukuran 9:16 atau full screen dalam mode potret. Baik gambar dan video, ukuran ini akan jauh lebih diminati. Terlebih, konten yang bisa dimuat juga semakin lengkap.

4. Pentingnya Caption di Konten Video

How to Create Custom SRT Files for Video Subtitles : Social Media Examiner

Kaidah SEO semakin populer di kalangan digital marketing. Caption pada platform sosial media kini juga mengoptimasi pencarian SEO seperti Instagram dan Twitter. Reach dari optimasi SEO sendiri meningkatan reach lebih besar daripada hashtag.

Maka dari itu, meskipun kamu mengunggah konten video, pastikan caption ramah SEO dan mencakup informasi yang sesuai. Karena kini orang bisa menjelajah di sosial media dengan mengandalkan keywords yang mereka cari.

5. Memperhatikan Keramahan Customer Service

Customer Service Online: Pengertian, Tugas dan Cara Jadi CSO - Magnate

Customer service atau admin selalu menjadi salah satu indikator pelanggan menyukai sebuah layanan. Namun, kini keramahtamahan customer service semakin mempengaruhi kesetiaan pelanggan. Jika customer service mu ramah, friendly, dan menyenangkan, pelanggan akan memuji dan semakin loyal.

Tak menutup kemungkinan keramahan tersebut jadi viral dan mengundang simpati banyak orang. Ini karena audiens dari berbagai platform digital semakin terbuka dan menghargai usaha dari orang lain.

Itu dia tren sosial media 2023 yang bisa kamu antisipasi. Sebagai digital marketing, penting aga selalu up to date supaya proses pemasaran tidak ketinggalan zaman. Optimalkan berbagai macam platform karena kini sebagian besar orang bergantung pada era digital.