Cara Menentukan Karir Yang Tepat Bagi Fresh Graduate 

22 Feb 2022 09:11 66 Share

Lulusan baru atau bisa disebut Fresh graduate biasanya disebut sebagai orang yang baru menyelesaikan studi atau sekolah menengah atas. Setelah lulus kuliah, pertanyaan yang paling sering diajukan adalah "dimana dan ingin bekerja apa?". Untuk melanjutkan ke jenjang karir, Kamu pastinya perlu memikirkan rencana karir yang  cocok. Ada juga hal penting yang sering dilupakan ketika mencari pekerjaan: minat dan bakat.

Berikut ini cara menentukan karir yang tepat untuk para lulusan baru.

Baca juga: 6 Tips Membuat LinkedIn Menarik Untuk Mencari Kerja

1. Tes Bakat Online

Jika Kamu masih ragu dengan minat atau bakat mu, cobalah untuk mulai dengan tes minat dan bakat yang tersedia secara luas di Internet. Kamu dapat mencoba beberapa tes kepribadian yang menjelaskan ciri-ciri kepribadian. 

Hasil tes kepribadian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merencanakan profesi masa depan Kamu. Tes kepribadian biasanya juga memberikan prediksi jalur karir yang sesuai dengan kepribadian.

2. Buat List Pekerjaan

Setelah memahami dan mengevaluasi minat diri-sendiri, buatlah daftar pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian, bakat, maupun keterampilan kamu. Kemudian persempit daftar pekerjaan yang paling sesuai dengan minat mu. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat adalah kunci sukses dalam jenjang karir.

3. Pahami Deskripsi Pekerjaan 

Setelah membuat list pekerjaan yang dipilih sesuai dengan minat mu, lanjutkan dengan mencari deskripsi pekerjaan. Cari tahu juga tentang persyaratan pendidikan untuk melamar posisi dan pasaran gaji untuk posisi tersebut.

4. Bergaul dengan Koneksi

Koneksi di sini bisa dalam konteks teman-teman dan juga koneksi di jejaring profesional. Jangan malu untuk bergabung dengan forum perluasan karir. Kamu bisa memulainya dari berbagai situs online seperti sosial media atau job portal.

Kini, job portal juga memiliki komunitas yang bisa berbagi posting bermanfaat bagi karir. Salah satunya adalah situs Go Talenta. Job Portal Lowongan Kerja & Pengembangan Karir diseluruh indonesia. Platform teraman dan Profesional yang menghubungkan Talenta Terbaik seindonesia. Go Talenta memiliki tempat bagi komunitas profesional untuk saling mengirim unggahan profesional yang edukatif.

5. Ikuti Program Magang

Cara menentukan karir yang tepat terakhir adalah coba ikuti program magang profesi incaranmu. Kamu tidak bisa benar-benar memahami apa yang dilakukan profesi terkait sampai Kamu bekerja di posisi tersebut. 

Salah satu cara untuk masuk ke arena karir adalah dengan mengikuti program magang. Magang merupakan gambaran pengalaman terdekat di dunia kerja. Oleh karena itu, jika Kamu menyelesaikan magang, Kamu kemungkinan besar sudah tahu lingkungan kerja dan pekerjaanmu kelak.

Pengalaman diperlukan untuk dapat memilih karir yang tepat. Salah satu tanda sederhana saat Kamu melakukan cara menentukan karir yang tepat dengan benar adalah Kamu merasa senang dan puas saat berada di posisi tersebut.