Tertarik Jadi Nakes? Ini 10 Profesi Terkait Nakes

12 Jul 2023 11:03 93 Share

Kelompok ilmu kesehatan yang paling banyak diketahui umum adalah dokter dan perawat. Di sisi lain, masih banyak profesi lain di bidang kesehatan, namun kalah populer dibandingkan dengan kedua bidang tersebut. Ini juga karena mahasiswa ilmu kesehatan berhadapan dengan teori belajar kemudian mengimplementasikannya langsung di laboratorium atau di lapangan. Berikut ini profesi terkait nakes yang bisa menjadi pilihan.

Baca juga: 5 Contoh Deskripsi Diri pada CV yang Menarik

1. Asisten Dokter

Profesi selanjutnya dalam bidang kesehatan adalah asisten dokter. Asisten dokter ini memberikan pelayanan kesehatan, biasanya dilakukan oleh dokter namun di bawah pengawasan dokter. Asisten dokter bisa melakukan pemeriksaan kesehatan, memberikan obat dan memberikan solusi kepada pasien. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin meresepkan obat. Perbedaannya dengan dokter adalah seorang asisten dokter tidak boleh melakukan operasi langsung kepada pasien.

2. Ahli Gizi

Ahli gizi adalah salah satu profesi tenaga kesehatan yang memiliki pekerjaan dalam memberi informasi gizi, anjuran pola makan dan komposisi gizi yang diperlukan untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan gizi untuk di rumah sakit maupun instansi lain.

3. Ahli Laboratorium

Profesi ini memberikan layanan melalui studi, pengukuran, penentuan dan diagnosis zat yang diolah di laboratorium. Hal-hal tersebut berasal dari manusia, seperti cairan, darah, urin atau sumsum tulang belakang. Selain itu, profesi ini juga berkaitan dengan penelitian sifat penyakit, penyebabnya, status kesehatan atau penelitian lain tentang faktor lain berkaitan dengan kesehatan seseorang. 

4. Fisioterapis

Fisioterapis adalah profesi kedokteran yang bertugas menangani pasien dengan masalah yang berkaitan dengan gangguan gerak dan fungsi tubuh. Sebelum menyelesaikan profesi terapis fisik, kamu harus menyelesaikan gelar sarjana terapi fisik terlebih dahulu. Setelah itu barulah kamu dapat melanjutkan kualifikasi sebagai fisioterapis. Setelah lulus ujian dan menerima sertifikat kompetensi, kamu juga harus memiliki lisensi terapis fisik.

5. Psikolog Klinis 

Bagi kamu yang ingin fokus pada kesehatan mental, karir ini cocok untukmu. Tugas psikolog klinis adalah membantu pasien mengatasi masalah kesehatan mental dengan melakukan wawancara klinis, observasi perilaku, dan tes psikologis untuk membantu mereka mengidentifikasi masalah mereka dan menemukan solusinya. Seorang psikolog klinis harus kuliah psikologi terlebih dahulu dan baru dapat mengambil kekhususan bidang ini. 

6. Apoteker

Profesi selanjutnya, kamu juga bisa bekerja sebagai apoteker untuk tetap berhubungan dengan dunia kesehatan. Apoteker bertanggung jawab untuk meracik obat untuk pasien sesuai dengan dosis yang diresepkan oleh dokter. Selain di apotek, apoteker juga bisa bekerja di perusahaan farmasi.

7. Analis Kesehatan

Analis kesehatan, juga dikenal sebagai teknisi laboratorium medis, memenuhi syarat untuk menganalisis cairan dan jaringan tubuh manusia untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan pasien. Kamu harus menyelesaikan pendidikan mengenai teknologi laboratorium medis atau analis kesehatan.

8. Dokter Gigi 

Profesi lain yang bisa menjadi pilihan dalam kesehatan adalah kedokteran gigi. Dokter gigi memiliki banyak tanggung jawab untuk merawat rongga mulut pasien. Tugas seorang dokter gigi khususnya meliputi mendiagnosis, mencegah, memperbaiki, membersihkan dan mengobati kerusakan atau penyakit pada gigi dan mulut. 

9. Penyuluh Kesehatan

Kamu suka bertukar pengalaman dan senang bertemu dengan banyak orang? Maka pekerjaan ini cocok untukmu. Sebagai penyuluh kesehatan, kamu dapat memberikan kontribusi yang berharga dan membantu masyarakat. Tentu saja, tugas pendidik kesehatan adalah memberi nasihat kepada masyarakat tentang masalah kesehatan tertentu. 

10. Radiografer

Peluang karir lain di bidang kesehatan adalah bekerja sebagai perawat rontgen atau radiografer. Seorang ahli radiologi adalah orang yang melakukan tes diagnostik, seperti CT scan, X-ray, dan MRI. Pekerjaan ini membantu dokter mendiagnosis penyakit pasien. Jika kamu tertarik dengan profesi ini, kamu harus menyelesaikan pendidikan tentang anatomi manusia.

Itulah profesi terkait nakes di luar dokter dan perawat. Jika kamu sedang aktif mencari pekerjaan dengan posisi terkait, segera cari pekerjaan di Go Talenta. Job portal Go Talenta memiliki lowongan ter-update dari segala wilayah dan jenjang pekerjaan.