6 Contoh Kebiasaan Buruk Saat Bekerja

25 Jan 2022 08:59 104 Share

Seringkali Kamu tidak menyadari bahwa ada kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kinerja pada saat di kantor. Ini bisa jadi sudah menjadi kebiasaan dan pada waktu yang sama tidak ada teguran dari atasan atau lingkungan kantor yang terlalu santai. Kamu harus menghindari contoh kebiasaan buruk ini di tempat kerja.

Baca juga: 5 Tips Menyikapi Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman

 

1. Menunda Pekerjaan

Mungkin hampir semua orang suka atau pun pernah sekali saja seumur hidup untuk menunda menyelesaikan pekerjaanya. Ada beberapa orang yang cenderung menunda pekerjaan sampai deadline. Padahal, jika Kamu mengerjakan pekerjaan mepet deadline, seringkali pekerjaan terburu-buru dan hanya dapat menyelesaikan seadanya. Dengan kata lain, Kamu hanya menyelesaikan pekerjaan yang kadang tanpa evaluasi. Hasilnya tidak selalu memuaskan dan tidak dapat dikembangkan.

2. Datang Terlambat

Terlambat dapat melemahkan disiplin. Mereka yang terlambat cenderung tidak mengikuti waktu dan jadwal yang telah disepakati. Baik itu terlambat datang ke kantor ataupun terlambat datang pertemuan bisnis, Kamu harus menghentikan kebiasaan buruk itu sekarang juga. Jangan menganggap sepele kebiasaan ini dan menyalahkannya pada keadaan jalan yang macet. Kemacetan sehari-hari harus bisa Kamu antisipasi. Mulai hargai waktu agar menjadi orang yang disiplin.

3. Bergosip

Menjadi sasaran gosip di kantor mengurangi hubungan profesional antar rekan kerja. Membicarakan keburukan orang atau bergosip adalah contoh kebiasaan buruk yang bahkan bukan hanya di dalam lingkungan kerja. Mulai sekarang, ubah kebiasaan tersebut dan jika mungkin, hindari bergosip di kantor. Jangan sampai Kamu kehilangan peluang promosi jabatan atau peluang baik lainnya karena gemar menyebar rumor.

4. Sering Mengeluh

Hari yang buruk bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Terkadang itu membuat kita mengeluh. Namun, terus-menerus mengeluh saat diberikan pekerjaan tidak membuat harimu lebih baik. Coba kurangi mengeluh dan lebih optimis dalam menghadapi suatu situasi terutama saat berada di kantor.

5. Mengulur Jam Istirahat

Mungkin sebagian karyawan suka menghabiskan jam makan siang atau istirahat di luar kantor. Perhatikanlah jam istirahatmu. Hindari bersantai berlama-lama dan mengulur waktu istirahat. Kamu akan kembali ke kantor dengan terlambat dan membuat pekerjaan lainnya ikut terlambat. 

6. Mencari-Cari Alasan

Ketika atasan memintamu melakukan pekerjaan tambahan, Kamu cenderung membuat alasan, "Itu bukan pekerjaan saya." Kebiasaan seperti itu bisa menunjukkan kualitas kerja yang kurang baik. Jika beban kerjamu cukup tinggi, Kamu dapat menolak pekerjaan tersebut dengan baik. Tetapi jika pekerjaan tersebut membantu dalam pengembangan kinerja, jangan ragu untuk memanfaatkannya dan berhenti mencari-cari alasan untuk menghindar.

Itu lah beberapa contoh kebiasaan buruk di kantor yang mungkin sering Kamu lakukan. Saatnya berhenti dan memulai kebiasaan baik agar kinerja semakin meningkat.